Pindah rumah tanpa masalah

Disamping rasa antusias karena akan tinggal di lingkungan baru, repotnya mengemasi barang-barang umumnya menjadi hal yang bakal terlintas dalam benak pertama kali saat hendak pindah rumah.  Memang tak dapat dipungkiri, urusan mengemasi barang-barang seringkali menjadi hal yang memaksa orang harus menguuras pikiran dan tenaga. Namun asal tahu8 siasatnya, hal ini sebenarnya dapat dibuat lebih sederhana:

1. Cicil berbenah dan mengemasi barang sebulan sebelum hari H.  Untuk itu pastikan anda sudah menghubungi jasa pengangkutan barang. Perhitungkan dengan seksama jumlah kendaraan yangt dapat memuat barang-barang tanpa perlu berulang kali bolak-balik ke rumah lama.

2. Susun daftar inventaris barang-barang di rumah, secara detil per ruangan. Daftar ini berguna untuk memasukna barang-barang ke dalam kardus penyimpanan. Untuk menulis nama kategori barang di kardus sebaiknya yang spesifik, misalnya “gelas cocktail”, bukan hanya “barang pecah belah di dapur”. Beri warna yang sama kardus yang berisi barang dari ruangan yang sama.

3. Siapkan beberapa kardus cadangan untuk membenahi barang-barang yang akan dibenahi terakhir kali, misalnya seprai, kain tirai, selimut, atu perkakas pembersih rumah.

4. Susun barang-barang di dalam kardus dengan rapi agar tidak rusak dalam perjalanan dan juga mudah untuk mengeluarkannya kembali.

5. Untuk barang pecah belah, lindungi dengan plastic bergelembung (bubble wrap). Untuk barang-barang lainnya dapat dialasi dengan kertas Koran bekas dan kertas pembungkus lainnya.

6. kosongkan furniture berukuran besar sebelum diangkut. Selain meringankan beban orang yang mengangkut, hal ini juga dimaksudkan agar tidak cepat merusak furniture tersebut.

7. Untuk pakaian sebaiknya tidak disimpan di dalam kardus, trapi dilipat dan dimasukan ke dalam ransel, koper berukuran besar, atau tas untuk olahraga.

8. Pastikan barang dan dokumen berharga seperti ijazah, sertifikat, buku tabungan , jangan dimasukan ke dalam kardus.  Dokumen –dokumen itu sebaiknya dibawa dalm suatu tas dan dibawa sendiri. Anda tentu tak mau ambil resiko kehilangan dokumen-dokumen penting itu bukan?

Selamat pindahan!!!!

Satu Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: