Tips menghapal untuk anak

Kesulitan menghapal adalah masalah yang sering terjadi pada anak, yang menyebabkan anak mendapat nilai jelek pada pelajaran-pelajaran yang membutuhkan kemampuan menghapal yang tinggi, seperti sejarah, bahasa dll. Jangan buru-buru menganggap anak tidak mampu, karena bisa saja cara belajar dan menghapalnya yang salah. Berikut tips-tips atasi kesulitan menghapal pada anak:

1. Ketahui cara belajar anak, usahakan anak belajar dengan cara yang memang tepat untuk kriterianya. Ada anak yang lebih cepat menghafal dengan cara melihat, ada yang dengan cara mendengar dan sebagainya. Mengetahui cara yang tepat akan membuat anak menjadi cepat menghapal.

2. Buat pelajaran semenarik mungkin. Gunakan daya imajinasi anda untuk memberikan penjelasan yang kreatif. Misalnya dengan merangkai sebuah cerita, yang sebenarnya berisi tentang pelajaran yang harus dihapal.

3. Mintalah anak mengulangi materi yang anda jelaskan dengan cara memintanya untuk menuliskan materi pada kertas, lalu memintanya mengucapkan kembali apa yang telah dijelaskan. Pengulangan merupakan bagian yang penting dalam menghapal.

4. Buatlah kata kunci yang dapat membantu anak mengingat materi secara keseluruhan.Terutama untuk materi yang memiliki banyak poin-poin penting.

Selamat mencoba!

2 Tanggapan

  1. […] patah arang saya terus melancarkan Perang Dunia Ke Tiga. Bukan lagi lewat Facebook, tapi lewat jejaring sosial yang lain, Twitter. Kebetulan saya punya […]

  2. […] kita lakukan. Tetapi tua bukan berarti otak Anda juga menjadi semakin tumpul. Agar otak selalu bisa terasah dan ingatan pun tetap tajam, berikut beberapa […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: