Foto menawan dari kamera ponsel

Ponsel berkamera memang semakin mempermudah orang menambah koleksi fotonya. Tidak heran jika situs jejaring social seperti Facebook menjadi primadona dimana-mana. Pertanyaanya, apakah dengan menggunakan kamera ponsel hasil foto Anda cukup menawan? Meski masih memiliki keterbatasan, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan hasil yang menawan dari kamera ponsel. Berikut tips-tips untuk memaksimalkan hasil dari kamera ponsel anda:

1. Sebelum memotret, pastikan pencahayaan di sekeliling Anda cukup baik. Artinya ada penerangan yang cukup, kecuali ponsel anda memiliki flash yang terintegrasi. Jangan pernah mengambil foto sambil membelakangi arah datangnya cahaya matahari.

2. Atur jarak Anda dengan objek yang akan difoto. Akan lebih baik mendekati objek yang akan dibidik, tapi hati-hati, mengambil foto terlalu dekat juga dapat membuat hasil foto menjadi tidak jelas. Format pengambilan foto close up akan membuat hasil foto jauh lebih jelas.

3. Sesuaikan obyek foto dengan latar belakangnya. Pilihlah latar belakang yang tidak terlalu ramai. Selain itu, pastikanlah latar tersebut tidak mengganggu penampilan obyek yang akan difoto. Contohnya, jangan sampai latar belakang pohon yang ada di belakang obyek seolah-olah terlihat tumbuh dari kepala si obyek.

4. Cobalah memotret dengan sudut (angle) yang bervariasi. Cobalah untuk bereksperimen dengan mencari sudut dan gaya yang baru.

5. Perhatikan tingkat resolusi kamera yang anda gunakan. Semakin tinggi tingkat resolusi yang digunakan, semakin baik kualitas foto yang dihasilkan. Perbedaannya akan terlihat ketika anda memindahkan dan melihat foto tersebut dari layar computer.

6. Selalu bersihkan lensa kamera ponsel anda. Khususnya untuk kamera ponsel yang tidak dilengkapi penutup lensa, karena biasanya lensanya mudah kotor terkena debu atau cap jari anda. Oleh sebab itu, rajinlah membersihkan lensa tersebut dengan tisu atau lap halus.

Selamat berfoto ria!!

3 Tanggapan

  1. Terimakasih infonya

    Saya juga suka memotret.. sayangnya kamera telepon genggam saya cuma VGA.. jadi saya harus melakukan editing dan memperkecil hasilnya…🙂

  2. sama-sama bung Hengki, lam kenal ya…..
    ni baru belajar ngeblog, mohon bimbingannya……🙂

  3. […] otak kanan misalnya pada penyakit stroke atau tumor otak, maka fungsi otak yang terganggu adalah kemampuan visual dan emosi. Untuk menjaga ketajaman otak kanan Anda berlatihlah bernyanyi atau membuat kerajinan […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: