It’s not segmentation anymore, it’s communitization!

Dalam Legacy Marketing, langkah pertama untuk menyusun strategi marketing adalah dengan melakukan segmentasi. Namun dalam era New Wave Marketing saat ini, yang harus dilakukan bukanlah melakukan segmentasi, tapi Communization.

Ya, New Wave Marketer harus bisa membentuk suatu komunitas yang ada. Definisi komunitas sendiri ada macam-macam. Namun, bagi saya, definisi yang paling tepat adalah definisi yang terdapat dalam buku The Cluetarin Manifesto.

Didalam buku ini, komunitas didefinisikan sebagai sekelompok orang yang saling peduli satu sama lainlebih dari yang seharusnya. Jadi, dalam komunitas terjadi relasipribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values. beda denga segmentasi yang anggota segmennyabisa tidak peduli satu sama lain.

Inilah salah satu perbedaan yang jelas antara segmentasi dengan communization. Kemudian dalam segmentasi, pembentukannya dilakkukan oleh perusahaan sehingga sifatnya vertical. Prosesnya berlangsung dari atas ke bawah. Pelanggan dan calon pelanggan dianggap berada di bawah produsen.

Sementara dalam communization, pembentukannya dilakukan oleh orang per orang yang setara sehingga bersifat horizontal. Juga dalam segmentasiyang terjadi adalah high-budget high-impact marketing, maka dalm communization yang terjadi adalah low-budget high impact marketing.

Komunitas ini bisa berbentuk komunitas online, komunitas offline, atau hybrida dari keduanya. Dalam komunitas online, karena memang berbasis internet, orang-orang yang ada di komuitas tersebutbisa lintas demografis, lintas geografis, lintas agama, dan seterusnya. Yang penting sekali lagi, adalh adanya kesamaan interest di antara para anggota komunitas tersebut.

Jangan salah, yang namanya komunitas ini sebenarnya bukan barang baru. Sudah sejak dulukita berkomunitas secara offline. Kalau anda bapak-bapak, mungkin sering bermain kartu sambil ngobrol-ngobrol denga tetangga anda di pos ronda pada malam hari. Ini komunitas. Kalau anda ibu-ibu, pastilah anda sering mengikuti arisan atau pengajian. ini juga komunitas.

Jadi, dalam era New Wave Marketing saat ini, bukan lagi masanya segmentasi yang bersifat vertical. Marketer harus bisa melakukan communization yang sifatnya horizontal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: