Siasat Cetak-mencetak Dokumen

Mencetak dokumen adalah pekerjaan yang hampir pasti Anda lakukan jika Anda bekerja menggunakan komputer. Meski katanya kehadiran komputer dapat menghemat penggunaan kertas (paperless office), kenyataannya banyak orang masih lebih menyukai membaca dokumen tercetak dibandingkan membaca di layar komputer.

Menggunakan sistem operasi Windows, pekerjaan cetak-mencetak menjadi lebih mudah. Jika Anda sedang bekerja dengan sebuah program aplikasi berbasis Windows, Anda tinggal menjalankan perintah cetak dan seketika dokumen Anda akan tercetak.

Jika Anda kerap menggunakan sebuah printer dengan setting yang berbeda-misalnya draf hitam putih dan dokumen berwarna- Anda mungkin direpotkan untuk mengganti setting tersebut setiap kali hendak mencetak dokumen. Anda dapat “mengecoh” printer untuk memudahkan pekerjaan Anda. Caranya dengan menginstal printer yang sama dua kali , tetapi dengan setting yang berbeda. Nah, kini setiap kali Anda ingin mencetak dokumen, anda tinggal “mengganti” printer pad kotak dialog pencetakan, tanpa harus mengubah-ubah lagi setting-nya.

Mungkin suatu kali Anda telah menutup program aplikasi, ketika Anda sadar bahwa ada file yang belum dicetak. Ada cara yang lebih cepat dibandingkan Anda harus membuka lagi program aplikasi tersebut. Sorot file yang hendak dicetak, klik tombol kanan mouse, dan pada menu yang muncul pilih perintah cetak.

Cara lain ialah dengan membuat shortcut di desktop. File yang hendak Anda cetak tinggal di-drag-and-drop ke shortcut teersebut. Pembuatan shortcut di desktop ini juga dapat Anda pergunakan untuk setting yang berbeda untuk printer yang sama. Kini Anda tinggal drag-and-drop file yang hendak dicetak ke shortcut yang sesuai dengan setting yang anda inginkan.

Selain itu, di banyak kantor dewasa ini semakin banyak digunakan printer berbasis jaringan atau produk multifungsi, yang selain memcetak juga dapat digunakan untuk mengirim faks atau memindai gambar. Pelajari dan ketahui dahulu berbagai fungsi yang tersedia karena dalam banyak hal itu akan sangat membantu membuat pekerjaan menjadi lebih efisien.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: