Marion Jones

marion-jonesOleh Anton Sanjoyo

Dari balik jeruji penjara, Marion Jones menulis sebaris kalimat ini ; “Anakku, ibu minta maaf karena untuk sementara tidak berada di samping kalian. Ibu berada di suatu tempat yang disebut penjara. Ibu harus berada di tempat ini untuk kesalahan yang ibu buat pada masa lalu. Ibu telah berbohong karena takut akan mengubah keadaan kita. Ibu minta maaf untuk hilangnya waktu tak ternilai bersama kalian. “

Saat membacakan kembali surat-suratnya yang diberi judul “Surat untuk Anak-anak” itu di hadapan Oprah Winfrey, air mata Jones kembali meleleh, persis seperti ketika ia menuliskannya di penjara Carswell, Texas.

Marion Jones adalah mantan atlet top AS. Namanya meroket setelah merebut lima medali, diantaranya emas Olimpiade Sydney 2000. Perempuan kelahiran Los Angeles, 12 Oktober 1975 itu menjadi ratu sejagad. Wajah jelita dan tubuh aduhainya menghiasi sampul majalah tenar, di antaranya Sports Illustrated, Time dan Vogue.

Tujuh tahun setelah sukses di Sydney, Jones mengaku menggunakan steroid sebelum Olimpiade Sydney. Ia lantas mengembalikan seluruh medalinya kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC). Badan Anti Dopping AS (USADA) kemudian menjatuhkan sanksi dua tahun dan membatalkan semua catatan prestasi serta hadiah yang didapat Jones selepas 1 September 2000. Pada 5 Oktober 2007, Jones secara resmi dinyatakan bersalah telah berbohong kepada agen federal dalam serangkaian penyelidikan doping selepas Sydney 2000. Jones, yang dijatuhi hukuman penjara selama 6 bulan, pada hari itu juga menyatakan mundur dari dunia atletik. Jones mulai menjalani hukumannya di Carswell pada 7 Maret 2008 dan dibebaskan pada 5 September 2008.

Barangkali Jones adalah tipe atlet yang kerap disebut “from hero to zero”, tetapi bagaimanapun ia telah memberi teladan kepada semua orang tentang arti kejujuran dan sportivitas, dua kosakata yang mulai pudar maknanya di dunia olahraga yang sudah dikuasai industri dan gelimang uang.

Jones pada masa jayanya adalah atlet atletik paling kaya. Penampilannya di lintasan atletik bisa menghasilkan setidaknya 70.000 dollar AS per kejuaraan. Dari bonus dan sponsorship serta honor iklan, Jones bisa menghasilkan setidaknya satu juta dollar AS setahun. Jones hidup dalam gelimang kemewahan dan tinggal di sebuah mansion di Chapel Hill, North Carolina, bertetangga dengan Michael Jordan, bintang  bola basket NBA.

Namun, selepas Sydney 2000, hidup mewah Jones harus dibarengi penderitaan. Ia menjual harta-hartanya untuk menghadapi persidangan doping. Jones bahkan harus menjual seluruh propertinya untuk membayar pengacara. Jones lantas mengaku bersalah karena tidak ingin kehilangan hartanya yang paling berharga, keluarga, terutama dua anak lelakinya, Monly dan Demir.

“Kebohongan itu harus Ibu bayar dengan hal yang sangat mengerikan, kehilangan kalian berdua selama enam bulan. Waktu berharga yang tidak mungkin ibu gantikan sampai kapanpun,” tulis Jones dalam suratnya kepada Monty dan Demir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: