The 12 CS of New Wave Marketing

Era New Wave marketing memang sangat di pengaruhi oleh perkembangan teknologi.
Perkembangan peradaban manusia berjalan seiring dengan perkembangan teknologi. Dari berbagai literatur bisa disimpulkan bahwa sebenarnya ada lima tahap perkembangan peradaban manusia.
Perkembangan ini mulai dari manusia sebagai pemburu dan pengumpul, lalu sebagai petani, sebagai pekerja pabrik, sebagai pekerja di sektor jasa dan teknologi informasi, dan saat ini sebagai pekerja kreatif (creative worker).
Dominasi dalam pekerjaan kreatif inilah yang merupakan eranya New Wave.
Jika sebelumnya kehadiran teknologi mendorong produktivitas (technology driving productivity) dan berkembangnyua informasi, maka pada era New Wave ini teknologi mendorong lahirnya kreativitas (technology driving creativity) dan tumbuhnya partisipasi. Semakin banyak orang yang bisa ter-connect satu sama lain untuk berpartisipasi, untuk belajar, dan untuk menciptakan sesuatu.
Seperti yang dikatakan Scoot McNealy, Chairman Sun Microsystem, di Era Informasi alias Era Legacy Marketing, yang akan menguasai pasar adalah mereka yang mampu mengendalikan proses penciptaan dan pendistribusian informasi.
Sementara di Era Partisipasi alias Era New Wave Marketing, yang penting adalah akses. Akses ini memungkinkan terciptanya value secara bersama melalui jaringan orang yang saling berbagi, berinteraksi, dan menyelesaikan masalah.
Karena itulah elemen-elemen marketing yang selama ini kita kenal dalam Legacy Marketing juga harus mengalami penyesuaian. Sekadar mengingatkan, dalam Legacy Marketing dikenal Sembilan Elemen Marketing yang terdiri dari Segmentation, Targeting, Positioning, Differentiation, Marketing-Mix (Product, Price, Place, Promotion), Selling, Brand, Service, dan Process.
Nah, dalam New Wave Marketing, elemen-elemen tersebut menjadi apa yang saya sebut sebagai “The 12 Cs of New Wave Marketing”. Kedua belas C ini adalah Communization, Confirming, Clarifying, Coding, Crowd-Combo (Co-Creation, Currency, Communal Avtivation, Conversation), Commercialization, Character, Caring, dan Collaboration.
Kedua belas C inilah yang merupakan inti dari New Wave Marketing. Pada tulisan-tulisan selanjutnya saya akan menguraikan lebih lanjut tentang “The 12 Cs of New Wave Marketing” ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: