Ketika mulai menapaki dunia kerja

Bekerja dan memperoleh penghasilan sendiri tentu menjadi idaman bagi setiap orang. Namun bagi mereka yang baru lepas dari dunia pendidikan, dunia kerja bisa jadi terasa asing dibandingkan dengan masa-masa sekolah atau perkuliahan.
Patut disadari jika lingkungan kerja lebih menuntut kinerja yang baik dari diri. Jika ingin bertahan dalam sebuah perusahaan, maka mengetahui etika yang berlaku dan mematuhinya menjadi harga yang tak dapat ditawar.
Oleh karena itu, berikut beberapa hal yang patut diperhatikan bagi mereka yang baru menapaki dunia kerja.
1. Siapkan kondisi diri sebaik mungkin. Usahakan tidak tidur terlalu malam pada hari sebelumnya sehingga kondisi badan segar dan benar-benar siap untuk mengerjakan tugas-tugas yang akan diberikan.
2. Usahakan berpenampilan yang rapi dan menarik. Pasalnya hari itu adalah untuk pertama kalinya orang akan menilai diri melalui penampilan dan baju apa yang dikenakan.
3. Usahakanlah bersikap ramah dengan orang-orang yang ditemui. Ucapkan salam, namun jangan terkesan dibuat-buat karena semua orang menyukai yang alami dari dalam diri. Bersikaplah hormat kepada semua orang, bukan hanya terhadap atasan.
4. Kerjakanlah tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya. Jika dari awal telah diusahakan untuk mengerjakan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, maka hal itu akan memupuk kepercayaan pimpinan. Bisa jadi, pekerjaan yang lebih baik akan diberikan dikemudian hari.
5. Selalu mensyukuri pekerjaan adalah hal yang juga patut dilakukan. Hal ini dapat membantu mengurangi stress di tengah himpitan waktu.
Perbedaaan signifikan antara dunia kerja dan dunia sekolah atau perkuliahan adalah tingkat kedisiplinan. Dunia kerja sangat menuntut kedisiplinan yang berkaitan dengan hasil yang dicapai, sedangkan dunia sekolah atau perkuliahan masih memberikan kebebasan sesuai kesadaran diri sendiri.
🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: