Kiat Tepat Merawat Pemanas Air

Berbagai macam kebutuhan rumah tangga menjadi semakin praktis berkat kehadiran teknologi. Salah satu teknologi yang kini mulai menjadi primadona di rumah-rumah adalah teknologi pemanas air (water heater).
Paling tidak ada tiga jenis pemanas air yang tersedia di pasaran. Ketiga jenis itu adalah pemanas air tenaga listrik, gas, dan matahari. Jika Anda ingin membeli salah satu dari ketiga jenis pemanas air tersebut, jangan lupa memperhatikan faktor keamanan, hemat, dan kenyamanannya. Ketiga hal ini dapat Anda lihat dari berbagai macam fitur yang terdapat di dalamnya.
Memilih pemanas air dengan fitur-fitur unggulan yang tepat akan membuat pemanas air Anda bekerja maksimal dan awet. Selain itu ada dua cara untuk menjaga agar pemanas air tetap awet.
Pertama, perhatikan apakah magnesium anoda di dalam tangki masih berfungsi menjaga ph air netral di angka 7. Biasanya, pada daerah-daerah yang berair bersih, magnesium anoda dapat tahan hingga 5 tahun. Namun, pada daerah-daerah yang berair kurang bersih, sebaiknya magnesium anoda diganti setiap setahun sekali.
Jika tidak diganti, air di dalam tangki akan menjadi asam (jika ph di atas 7) dan menjadi basa (jika ph di bawah 7) yang berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, lambat laun tangki akan mengalami korosi yang dapat mengakibatkan kebocoran.
Kedua, periksalah safety valve secara berkala. Safety valve adalah semacam alat pengaman tekanan berlebihan pada tangki. Alat ini akan menjaga suhu tangki tetap stabil. Agar tidak terjadi penyumbatan air, naikkanlah tuas safety valve secara berkala agar air dapat mengalir.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: