17 Prinsip Kesuksesan Menurut Napoleon Hill

Lewat bukunya yang berjudul Think and Grow Rich, nama Napoleon Hill begitu populer. Jutaan orang di dunia tidak hanya terinspirasi oleh buku tersebut, juga termotivasi untuk mengembangkan diri demi meraih kesuksesan yang tidak hanya diukur dengan uang atau pun materi sekalipun.

Penulisan buku tersebut merupakan inspirasi dari Andrew Carnegie yang mengajarkan formula rahasia kesuksesan kepada Napoleon selama bertahun-tahun. Seperti diketahui Carnegie tidak hanya seorang multijutawan, tapi ia juga membuat ratusan orang menjadi jutawan, yaitu mereka yang telah menerima “rahasia kesuksesannya.”

Berikut 17 prinsip yang dipegang teguh oleh Hill untuk mencapai kesuksesan:

1. Kejelasan tujuan. Kejelasan tujuan adalah awal dari semua prestasi. Tanpa tujuan dan rencana, perjalanan hidup seseorang akan terombang-ambing.

2. Grup pola pikir. Grup pola pikir terdiri dari dua atau lebih pikiran yang bergerak harmonis, bertujuan untuk meraih suatu objek.

3. Keyakinan. Keyakinan adalah hasil pikiran yang menggerakkan harapan, semangat, rencana dan tujuan, yang kemudian menciptakan tindakan.

4. Berharap lebih. Berharap lebih merupakan tindakan yang lebih keras dibanding energi dan waktu yang sudah diluangkan. Berharap lebih membutuhkan peran Hukum Kompensasi.

5. Pribadi menyenangkan. Kepribadian adalah hasil penambahan dari mental, spiritual, fisik dan kebiasan seseorang yang membedakannya dari orang lain. Kepribadian juga faktor penentu apakah seseorang disukai atau tidak oleh orang lain.

6. Inisiatif pribadi. Inisiatif pribadi adalah kekuatan yang menginspirasikan awal tindakan. Ini juga kekuatan yang mengawali setiap tindakan. Tak seorangpun bisa bebas hingga ia belajar mengerjakan hasil pikirannya sendiri dan mendapat semangat bertindak.

7. Sikap mental positif. Sikap mental positif adalah hal mutlak yang mesti dilahirkan disetiap kejadian. Karena kesuksesan akan menarik kesuksesan lain, sama halnya kegagalan.

8. Antusiasme. Antusiasme adalah keyakinan bertindak, dan emosi yang disebut dengan gairah membara. Antusiasme muncul dari dalam, dan mengiringi ekspresi suara atau tindakan seseorang.

9. Disiplin. Disiplin dimulai dengan berpikir. Jika anda tak bisa mengontrol pikiran Anda, maka mustahil bisa mengontrol kebutuhan Anda. Disiplin memerlukan keseimbangan hati dan otak.

10. Berpikir akurat. Kekuatan pikiran merupakan hal paling berbahaya, tapi juga paling menguntungkan, tergantung bagaimana menggunakannya.

11. Perhatian terkontrol. Perhatian yang terkontrol menjadi penuntun seseorang, karena bisa membantunya fokus pada pikirannya.

12. Kerja tim. Kerja tim adalah kerjasama harmonis yang dilakukan sukarela. Dimanapun spirit kerja tim mendominasi, itu mempengaruhi kesuksesan. Kerjasama yang harmonis adalah aset yang tak ternilai harganya.

13. Penaklukan. Kesuksesan individual biasanya tercipta dari penaklukan satu orang terhadap satu pesaingnya. Tapi kekalahan hanyalah penaklukan sementara yang bisa direbut kembali.

14. Pandangan kreatif. Pandangan yang kreatif berkembang berkat keberanian seseorang. Pandangan ini bukan kualitas yang tidak disengaja atau anugrah sejak lahir, tapi kemampuan yang perlu diasah sebelumnya.

15. Sehat. Kesehatan didapat karena kesadaran akan kesehatan itu sendiri, seperti kesuksesan financial yang didapat karena kesadaran menjadi kaya.

16. Waktu dan uang. Keduanya merupakan sumber berharga, dan sedikit orang yang mampu mengatur keduanya, kecuali mereka yang telah sukses.

17. Kebiasaan. Membangun dan mengembangkan kebiasaan positif akan membuat pikiran Anda tenang, sehat luar dalam dan status finansial yang nyaman.

7 Tanggapan

  1. […] 17 Prinsip Kesuksesan Menurut Napoleon Hill « A tribute to Dian … […]

  2. Kalau menurut aku sih..!!
    selalu berdo’a dan usaha..
    dan jangan lupa minta restu orang tua.🙂

  3. lama ga brkunjung ke blog mu kawan, oh iya nice info.

  4. udah di link..😉 terimakasih.

  5. yang paling saya tangkap adalah “Disiplin dimulai dengan berpikir. Jika anda tak bisa mengontrol pikiran Anda, maka mustahil bisa mengontrol kebutuhan Anda. Disiplin memerlukan keseimbangan hati dan otak.”

  6. […] menyadari bahwa pikiran Anda sendiri dapat melampaui gedung pencakar langit dan gunung tertinggi! Percaya pada diri sendiri, temukan relung sendiri dan Anda juga dapat memiliki kehidupan yang […]

  7. […] Selain faktor genetik, kemampuan dan kecerdasan seorang anak dapat dilatih dan diajarkan dengan cara melakukan aktivasi pada otak kanan. Umumnya para peserta yang bisa diajarkan oleh sejumlah instruktur berusia antara 4 hingga 12 tahun. Selanjutnya dicoba melakukan sejumlah kegiatan dengan mata tertutup. Anak-anak itupun melakukan berbagai kegiatan mulai dari membaca dan menebak angka. Semua itu diperoleh melalui latihan fokus. […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: