Setoelkahfi.com, Saya Menyebutnya Personal Branding

Domain merupakan alamat sebuah komputer di internet. Seperti rumah, komputer yang terhubung ke internet harus mempunyai sebuah alamat yang bisa di akses oleh komputer lain yang juga terhubung oleh internet. Inilah yang disebut IP address, dan domain adalah implementasi penerjemahan IP address ini menjadi frasa yang mudah dihafalkan. Selengkapnya tentang domain kesini atau kesini.

Apa itu Personal Branding??

Seperti namanya, peersonal branding adalah tentang bagaimana ‘menjual’ diri anda. Ini tentang mempromisikan diri kita untuk kepentingan bisnis, karir ataupun hanya sebatas kepuasan batin. Kita punya kelebiihan, bakat dan keunggulan yang bisa kita jual. Ini tentang memperkenalkan diri kita kepada dunia. Bagaimana caranya???

Jawabanya adalah Internet.

Berhentilah sebentar dari aktivitas anda membaca artikel ini. Bukalah google.com, dan tulislah nama anda lengkap, dalam tanda petik. Misalnya “Seto El Kahfi”. Dengan tanda petik, berarti hanya halaman web yang memuat frasa lengkap persis seperti itu yang akan ditampilkan. Kalau tanpa tanda petik, yang akan muncul adalah setiap halaman web yang memuat keempat kata tadi.

Sudah? Berapa record yang anda dapatkan? Di atas 1000? Di atas 500? Di atas 100? Sekitar 25? Atau tidak ada sama sekali? Halaman mana saja yang memuat nama anda? Saat ini internet praktis sudah menjadi hampir segalanya bagi masyarakat dunia. Internet sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup manusia modern. Dengan internet, orang bisa terhubung dengan ribuan, atau bahkan jutaan orang di berbagai belahan dunia tanpa hambatan yang berarti. Jadi, internet telah menjadi media informasi yang amat sangat unggul, kalau kita tak mau memakai istilah “tanpa batas”.

Tapi tahukah anda, teman saya menyebut ini sebagai “NARSIS”, :ngakak.

Membangun Personal Branding Online

Salah satu usaha untuk melakukan personal branding secara online adalah dengan membangun personal website. Melalui situs personal itu, anda bisa bercerita kepada pembaca mengenai siapa sejatinya diri anda. Sekali lagi, isi dari situ situ sepenuhnya berada dalam kendali anda. Kalau seorang wartawan hanya menulis isi presentasi anda di satu seminar, anda bisa menambahkan bahwa anda memang ahli dalam bidang yang anda sajikan. Lebih dari itu, anda bisa menyajikan portofolio atas keahlian itu. Kalau anda seorang dokter jantung yang hebat, mengapa tidak menceritakan kasus-kasus yang berhasil anda tangani? Kalau anda seorang pelukis, mengapa tidak anda foto lukisan anda, kemudian anda pajang foto itu di situs personal anda? Kalau anda seorang arsitek, mengapa tidak anda pajang karya-karya anda di sana? Dengan langkah-langkah tersebut di atas, anda bisa meyakinkan pengunjung situs anda, bahwa anda memang seorang pakar pada bidang tertentu.

Sebagai catatan, saya selalu memakai nama asli saya untuk akun-akun layanan di internet, baik itu forum, social conector, video sharing, micro blogging, maupun personal blog. Apa pertimbanganya? Saya ini anak semua bangsa, begitu kata almarhum Pramoedya Ananta Toer, saya ingin dunia mengenal saya, walaupun cuma dunianya maya, hehehe.. Berikut amunisi saya untuk keperluan personal branding ini, mohon diklik dengna ikhlas,😀

Dan masih ada lagi yang lain, saya juga ga apal semuanya, hehe. Selain itu, saya juga punya beberapa blog di Blogger.com, diantaranya:

Mana punya anda???

4 Tanggapan

  1. […] Dengan statistik seperti itu, bisa dikatakan kalo ID ini mempunyai nilai tambah. Perlu diketahui, ini adalah ID Kaskus pertama saya, dan dari nama ID nya (setoelkahfi) menunjukkan bahwa ID ini adalah salah satu senjata saya dalam menerapkan Personal Branding , seperti tulisan saya yang ini. […]

  2. […] Bagi yang sudah familiar dengan dunia internet dan perwebsite-an, mungkin sudsah tidak asing lagi dengan yang namanya domain dan hosting, seperti postingan saya yang ini. […]

  3. […] kita mendapat kejutan. Padahal tidak semua kejutan membuat bahagia, tapi itulah kekuatan stigma -pencitraan-. Kata itu sudah terlanjur tercitra sebagai kata untuk menunjukan kejutan yang membahagiakan […]

  4. […] Bagi yang sudah familiar dengan dunia internet dan perwebsite-an, mungkin sudsah tidak asing lagi dengan yang namanya domain hosting murah yang merupakan faktor teknis yang paling penting dalam hal website builder, seperti postingan saya yang ini. […]

Tinggalkan Balasan

