KASKUS, The Largest Indonesian Community

Malam semuanya…🙂 Lama tak bersua, lama tak bercerita, hehe. Maklum salah satu kelemahan saya adalah management waktu. Memang banyak kegiatan-kuliah, ngasdos (ngasisten Dosen :P), belajar Adsense, belajar ebaY, ngurus warnet, ngurus web, ngurus pacar :D-, tapi kalo beralasan kurang waktu, rasanya kurang  fair, sama aja kan 24 jam?

Ok, postingn kali ini saya akan membahas forum kebanggaan Indonesia, Kaskus, cekidot____:ngacir

Ada yang belum pernah denger?? Makanya jangan fesb*kan molo.. :Peace. Berikut ane copas dari web resminya gan,

Kaskus adalah situs forum komunitas maya terbesar Indonesia. Kaskus lahir pada tanggal 6 November 1999 oleh tiga pemuda asal Indonesia yang sedang melanjutkan studi di Seattle, Amerika Serikat. Mulanya Kaskus yang dikembangkan oleh Andrew, Ronald, dan Budi ini dibuat untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Konsep awal Kaskus sebenarnya adalah situs yang mampu mengentaskan dahaga mahasiswa Indonesia di luar negeri akan kampung halaman melalui berita-berita Indonesia. Situs www.kaskus.us pada saat ini dikelola oleh PT. Darta Media Indonesia. Anggotanya, yang pada saat ini berjumlah lebih dari 2.000.000 member, tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna Kaskus umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa.

Kaskus, yang merupakan singkatan dari Kasak Kusuk, bermula dari sekedar hobi dari komunitas kecil yang kemudian berkembang hingga saat ini. Kaskus dikunjungi sedikitnya oleh 600.000 orang, dengan jumlah pageviews melebihi 15.000.000 setiap harinya. Hingga saat ini Kaskus sudah mempunyai lebih dari 200 juta post.

Menurut Alexa.com, pada bulan September 2010 Kaskus berada di peringkat 257 dunia dan menduduki peringkat 6 situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Kaskus Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia dibawah naungan komunitas kaskus. Kaskus radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari 20 penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini juga memutarkan lagu dari berbagai bahasa, Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

TKP

Dengan membernya sebanyak 2juta lebih, Kaskus berpotensi sebagai sebuah wadsah untuk mengembangkan jurnalisme warga (citizen jurnalism). Kaskus adalah content generated website. Setiap member dapat mengisi konten (thread) sesuai minat dan isu terhangat yang terjadi, lalu user lain menanggapi, sharing, atau sekedar ngejunk ga  jelas. Dari sinilah terjadi percakapan yang menjunjung tinggi kebebasan berpendapat, toleransi, keterbukaan pikiran, dan semangat untuk menjaga nama baik forum.

Menurut sebuah survey (yang saya lupa sumbernya, hehe :P), Kaskuser -sebutan untuk member kaskus- adalah pengguna internet yang ‘dewasa’.

Tidak hanya menyediakan forum, Kaskus juga menyediakan wadah untuk melakukan online shoping, FJB kaskus namanya. Disini penjual dan pembeli bertemu dalam sebuah komunitas, ada rasa kebersamaan disitu. Kredibilitas seller disimbolkan dengan testimoni dari para pembelinya, juga yang tak kalah penting, cendol.

Sebenarnya masih ada subforum-subforum lain yang menyediakan informasi yang sangat berguna di kaskus. Dari masalh kesehatan, bisnis, ilmu gaib, gosip, otomotif, komputer, dll. Dengan diversitas konten yang luas, sudah sepantasnya kita mempertimbangkan produk Indonesia ini sebagai situs pertama yang kita kunjungi saat membuka browser kita. Seperti sindiran teman saya (yg sangat menjengkelkan saya saat itu), “Hari gini maenan fesb*k??? Baru kenal internet ya?? “

Mari perbanyak wawasan, perluas sudut pandang, mengekspresikan pendapat, tapi tetap stay opened minded😀

Bagi yang baru ngaskus, ada guidenya lho –>> TKP

4 Tanggapan

  1. http://www.piname.com dukung jejaring social karya anak bangsa original yang bikin masih nak smu gan
    coba cek TKP

    ada yang lebih canggih gan

  2. […] ini berfungsi sebagai back up jika prime ID kita kehack, sebagai tukang sundul di FJB Kaskus (baca tulisan ini dehhh), ataupun untuk iseng-iseng doang, misal ngelempar bata para ababil yang berkeliaran di Lounge […]

  3. […] Pagi tadi liat perform live-nya NAIF di sebuah stasiun televisi swasta, R*TI. Acara musik yang munculnya pagi-pagi, yang bersaing sama stasiun tivi sebelahnya, apalagi kalo  ga rebutan rating. Denger-denger banyak anak-anak sekolah yang rela bolos demi nyambangin ni acara, stasiun tivi sebelah, yang memang acaranya outdoor tidak seperti di R*cti tadi. Yang penting kan rating :nohope […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: